- Class adalah blueprint dari sebuah object.
- Berisi definisi data dan method.
- Memiliki nama yang unik dan diawali huruf besar tidak boleh diawali angka
- Rancangan sebuah objek
Class member :
Keseluruhan isi adalah milik class.
Instance-object member :
Hanya miliki object.
public class Testclass {
public static int bersama = 0; milik keseluruhan class (class member)
public int a=0; instance-object
}
Bentuk umum Class :
Class Classname {
// declare instance variables
type var 1 ;
type var 2 ;
type var 3 ;
// declare methods
type method 1 (parameters) {
// body of method
}
type method 2 (parameters) {
// body of method 2
}
}
Access modifier :
- Public : Diwarisi oleh subkelasnya, dapat diakses dimanapun.
- Protected : Diwarisi oleh subkelasnya, dapat diakses oleh method-method yang sepaket.
- Private : Tidak dapat diakses dimanapun kecuali oleh method-method yang ada dalam kelas itu sendiri.
- Default (Tak ada modifier) : Diwarisi oleh subkelas dipaket yang sama, dapat diakses oleh method-method yang sepaket.
Construktor adalah Method yang akan dipanggil ketika akan dibuat object dari class tersebut.
Contoh : String str = new String ();
Jframe frame = new Jframe (window)
Operator new
Class-var = new class-name ();
Keterangan :
- class-var adalah variabel class yang akan dibuat.
- class-name adalah nama class yang akan dibuat.
Pembuatan Object
Object is instance off class
Point originone = new point (23,94);
untuk membuat object originone berarti harus sudah ada class point”.
Tahapan pembuatan objek:
- Declaration
- Instantion
- Initialization
String str = Declaration
new = Instantion
String = Initialization
Tidak ada komentar:
Posting Komentar